Tuesday 8 January 2013

MAKALAH SISTEMATIKA HEWAN VERTEBRATA

MAKALAH SISTEMATIKA HEWAN VERTEBRATA
“kadal armadilo (Cordylus cataphractus)”






http://2.bp.blogspot.com/-iSY4lQJmP8c/UBGnY0_3BOI/AAAAAAAANUw/l6JQybVhqws/s400/armadillo%2Blizard3.jpg








                     


Makalah ini disusun oleh :
Nama   : Aji Farid Widiyatmono
NIM    : A420100135




Program Studi Pendidikan Biologi
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Surakarta
2012


KATA PENGANTAR


Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Alhamdulillahirabbilalamin, banyak nikmat yang Allah berikan, tetapi sedikit sekali yang kita ingat. Segala puji hanya layak untuk Allah Tuhan seru sekalian alam atas segala berkat, rahmat, taufik, serta hidayah-Nya yang tiada terkira besarnya, sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah dengan judul ”Sistematika Hewan Vertebrata : Kadal Armadilo”.
Dalam penyusunannya, penulis memperoleh banyak bantuan dari berbagai pihak, karena itu penulis mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada: Kedua orang tua dan segenap keluarga besar penulis yang telah memberikan dukungan, kasih, dan kepercayaan yang begitu besar. Dari sanalah semua kesuksesan ini berawal, semoga semua ini bisa memberikan sedikit kebahagiaan dan menuntun pada langkah yang lebih baik lagi.
Meskipun penulis berharap isi dari makalah ini bebas dari kekurangan dan kesalahan, namun selalu ada yang kurang. Oleh karena itu, penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun agar skripsi ini dapat lebih baik lagi. Akhir kata penulis berharap agar makalah ini bermanfaat bagi semua.
Karanganyar, 25 Desember 2012


Penulis
DAFTAR ISI


Cover
Kata pengantar
Daftar isi
Latar belakang
Isi
Penutup
Daftar Pustaka
LATAR BELAKANG

Dalam biologi hewan diklasifikasikan kedalam dua kelompok besar, yaitu hewan bertulang belakang dan hewan tanpa tulang belakang. Hewan yang bertulang belakang disebut Vertebrata, sedangkan hewan tanpa tulang belakang disebut Invertebrata. Dalam hal ini kami akan membahas tentang vertebrata khususnya dalam Classis Reptilia.
Hewan pertama yang benar-benar merupakan hewan daratan adalah reptilian. Mereka berkembang dari amphibian dalam zaman karbon. Dengan datangnya zaman permulaan, mereka lebih mampu mengatasi keadaan baru daripada amphibian. Kelebihan utama reptilia yang paling awal terhadap amphibian adalah perkembangan telur yang bercangkang dan berisi kuning telur.
Kelas reptilia suatu kelompok yang beraneka ragam dengan banyak garis keturunan yang sudah punah, saat ini diwakili oleh sekitar 7000 spesies, sebagian besar kadal, ular, penyu atau kura-kura dan buaya ini adalah pengelompokan tradisional dan didasarkan pada kemiripan semua tetrapoda tersebut. Reptilian memiliki beberapa adaptasi untuk kehidupan didarat yang umunya tidak ditemukan pada amphibian. Sisik yang mengandung protein keratin membuat kulit reptilia kedap air, sehingga membantu mencegah dehidrasi di udara kering. Dan masih banyak lagi cirri-ciri khusus dari kelas reptilia.


NAMA
Nama spesies lokal       :kadal armadilo, kadal ekor berduri, kadal naga
Nama spesies ilmiah     : (Cordylus cataphractus)
Klasifikasi
Kingdom:
Phylum:
Class:
Order:
Suborder:
Family:
Genus:
Species:
C. cataphractus

















           


Kadal Armadilo tergolong dalam animalia. Dia dimasukkan dalam phylum chordata karena hewan ini sudah memiliki chordus dorsalis atau sumbu tubuh. Kadal merupakan hewan yang melata sehingga hewan ini digolongkkan kedalam Reptilia, lalu karena dia memiliki sisik ditubuhnya ia dimasukka kedalam ordo squamata dan sub ordo Sauria / Lacertilia yang umumnya memiliki empat kaki, lubang telinga luar, dan pelupuk mata yang dapat dibuka tutup lalu familinya adalah Cordylidae.

A.    Deskripsi
Kadal Armadilo (Cordylus cataphractus), dapat juga disebut sebagai kadal berduri-ekor, atau juga dapat disebut sebagai kadal Naga, kadang-kadang disebut kadal armadillo emas
            Kadal Armadillo, adalah kadal dengan ekor berduri yang hidup didaerah gurun selatan afrika. Warna tubuhnya bisa cokelat muda sampai coklat gelap tergantung subspesiesnya. Perut berwarna kuning dengan pola kehitaman, terutama dibawah dagunya. Kadal ini memiliki sikap pertahanan yang khas, di mana ia meraih ekornya dan membentuk lingkaran cincin.
            Perut berwarna kuning dengan pola kehitaman, terutama di bawah dagu. ini memiliki sikap defensif khusus, di mana ia meraih ekornya dan ikal ke dalam cincin. ukuran berkisar 16-21 cm (6 ½ sampai 8 ½ in) panjang.
            Hewan ini dinamai kadal armadillo karena penampilan dan mekanisme pertahanan hampir sama dengan Armadillo. Kulit kadal ditutupi dengan tebal, persegi, sisik pelindung sepanjang punggung dan duri kokoh di leher dan ekor untuk membuatnya terhindar bagi predator.
            Mereka menjadi lingkaran dan membatu serta bersembunyi di celah-celah besar ketika berhibernasi selama musim dingin. Mereka hidup dalam kelompok. Betina dapat melahirkan 1-2 anak, meskipun hingga 4 adalah mungkin. Induk betina bahkan mungkin memberi makan anak-anaknya, yang tidak biasa untuk kadal ialah mereka jarang menunjukkan perhatian orang tua.
            Mereka adalah salah satu dari sebagian kecil contoh kadal, dimana mereka tidak bertelur seperti kebanyakan spesies kadal lainnya. Kadal Armadiillo hidup dengan memangsa invertertebrata kecil seperti serangga dan laba-laba dan dapat hidup sampai 25 tahun di penangkaran, sedikit lebih dalam kasus-kasus langka.
Kadal Armadillo memiliki pertahanan yang menarik, yaitu jika merasa terancam, mereka akan mengambil ekor ke mulutnya dan menggulung menjadi bola. Perilaku ini sangat mirip dengan armadilo mamalia. Dan sama seperti halnya untuk mamalia, sikap defensif ini untuk melindungi perutnya dari predator, sehingga yang terlihat hanya kulitnya yang menjadi perisai lapis baja.
Kadal armadillo menampilkan cara berkomunikasi yang unik yaitu dengan cara menganggukkan kepala, menggoyangkan ekor dan menggerakkan lidah, ketika berhadapan dengan kadal armadillo lain. Kadal ini memiliki rahang yang sangat kuat, yang sangat sulit untuk dibuka. Ketika mereka melawan, mereka dapat menekan kaki dan jari kaki, menggigit mereka dan menggambar darah. Mereka bisa menggigit sisi tubuh dan mulai bergulir atau memutar batang tubuh lawan mereka. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan internal untuk binatang.
B.     Habitat
habitat kadal  tinggal di atas tanah (terestrial) termasuk vegetasi lebat (semak dan pohon kecil) dan batu. Mereka biasanya bersembunyi di celah-celah dan celah-celah ketika terancam. Bahkan selama hibernasi, celah-celah ini digunakan oleh mereka. Mereka hidup di tanah dan tidak nokturnal. Habitat alami kadal ini adalah batu-batu berpasir dan direruntuhan batu besar. Lizard Armadillo tinggal berkelompok-kelompok, dalam satu kelompok tersebut bisa 30 sampai 60 kadal.
C.    Siklus hidup
Kelompok reptil seperti kadal merupakan hewan-hewan yang fertilisasinya terjadi di dalam tubuh (fertilisasi internal). Telur kadal akan menetas di dalam tubuh induk betinanya. Namun makanannya diperoleh dari cadangan makanan yang ada dalam telur. Reptil betina menghasilkan ovum di dalam ovarium. Ovum kemudian bergerak di sepanjang oviduk menuju kloaka. Reptil jantan menghasilkan sperma di dalam testis. Sperma bergerak di sepanjang saluran yang langsung berhubungan dengan testis, yaitu epididimis. Dari epididimis sperma bergerak menuju vas deferens dan berakhir di hemipenis. Hemipenis merupakan dua penis yang dihubungkan oleh satu testis yang dapat dibolak-balik seperti jari-jari pada sarung tangan karet. Pada saat kelompok hewan reptil mengadakan kopulasi, hanya satu hemipenis saja yang dimasukkan ke dalam saluran kelamin betina.

Ovum reptil betina yang telah dibuahi sperma akan melalui oviduk dan pada saat melalui oviduk, ovum yang telah dibuahi akan dikelilingi oleh cangkang yang tahan air. Hal ini akan mengatasi persoalan setelah telur diletakkan dalam lingkungan basah. Pada kebanyakan jenis reptil, telur ditanam dalam tempat yang hangat dan ditinggalkan oleh induknya. Dalam telur terdapat persediaan kuning telur yang berlimpah.

Pada hewan sejenis kadal,  Kadal Armadilo adalah salah satu dari sebagian kecil dari contoh kadal, dimana mereka tidak bertelur seperti kebanyakan spesies kadal lainnya.
D.    Biogeografi
Kadal Armadillo ini ialah hewan endemik yang berada di padang pasir atau gurun Afrika selatan.
E.     Keistimewaan
Kadal Armadillo memiliki pertahanan yang menarik, yaitu jika merasa terancam, mereka akan mengambil ekor ke mulutnya dan menggulung menjadi bola. Perilaku ini sangat mirip dengan armadilo mamalia
Hewan ini termasuk hewan yang jinak, ia lebih suka menggulung dirinya menjadi lingkaran ketika ia merasa terancam.
Hewan ini memiliki morfologi yang unik, dimana seluruh tubuhnya ditutupi oleh sisik yang menanduk, atau berduri.





PENUTUP
A.    Kesimpulan
1.      Kadal Armadilo adalah salah satu spesies daari Reptil yang memiliki ciri khas dapat menggulung tubuhnya seperti Armadilo
2.      Habitatnya ialah tempat-tempat yang kering, dicelah-celah batu-batuan. Endemik di daerah gurun afrika selatan.
B.     Saran
1.       Hewan ini termasuk hewan langka, sehingga perlu untuk dilindungi dan dilestarikan.
Daftar Pustaka

anonim. kadal armadillo. aie-dear.blogspot.com.(diakses pada tanggal 21 desember 2012)
anonim.kadal armadillo. www.tabloidhunianku.com › hobby(diakses pada tanggal 21 desember 2012)
anonim. Kadal armadillo. unikseksi.blogspot.com/armadillo-kadal-(diakses pada tanggal 21 desember 2012)
anomim. Fakta kadal armadillo. infobebas.web.id/fakta-kadal-armadillo(diakses pada tanggal 21 desember 2012)
anonim. Kadal armadillo. id.wikipedia.org/wiki/Kadal (diakses pada tanggal 21 desember 2012)

No comments: