Wednesday 5 November 2014

Cara Membuat Preparat Tumbuhan



Cara membuat preparat melintang pada tumbuhan monokotil atau dikotil tidak lah sulit. berikut cara membuat penampang pada tumbuhan.
1. Penampang Melintang
Pilihlah batang yang ukurannya tidak terlalu besar dan pilihlah yang muda. irislah batang tersebut menggunakan cutter atau silet secara melintang setipis mungkin. Kemudian letakkan irisan batang tadi pada objek glass dengan ditetesi air dan ditutup dengan deck glass.
cara memotong batang dengan posisi melintang


Untuk preparat melintang daun, caranya sama seperti membuat preparat melintang batang. Namun, untuk memudahkan bisa menggunakan wortel atau gabus. aggap saja kita sedang menggunakan wortel. belahlah wortel tersebut, kemudian selipkan daun didalamnya. setelah daun terselip, potonglah wortel secara melintang setipis mungkin. Selanjutnya kita amati di bawah mikroskop.
Cara membuat penampang melintang menggunakan wortel atau gabus


selain menggunakan wortel, juga bisa menggunakan dua buah silet. Caranya, rangkapkan 2 buah silet kemudian potonglah batang atau daun secara melintang. Hasil potongan antara 2 silet itulah yang digunakan sebagai preparat.
Cara membuat penampang melintang menggunakan dua buah silet

2. Penampang membujur
Jika preparat yang kita gunakan adalah batang, maka akan lebih mudah jika menggunakan alat pemotong untuk memotong batang secara membujur. Namun jika yang kita amati adalah daun dan kita kesulitan menggunakan cutter atau silet maka cara membuat penampang daun secara membujur dapat dilakukan seperti berikut:
ambillah sehelai daun kemudian robeklah dengan kuku pada bagian permukaan bawah daun. kemudian kita amati dibawah mikroskop.
Cara membuat penampang membujur daun dengan merobek bagian bawah daun
Sumber: Buku Biologi untuk SMP