Friday 24 August 2012

KREASI UNIK TAS LAPTOP DARI LIMBAH KARDUS DI UMS



Kardus merupakan pembungkus dari barang-barang dalam bentuk paket/pak. Dalam pembelian barang sudah secara otomatis kita memperoleh kardus, apalagi UMS sebagai universitas besar yang setiap bulannya membeli dan mengkonsumsi barang dalam jumlah yang besar, maka limbah kardus juga semakin banyak. Biasanya kardus-kardus seperti ini tidak terpakai dan hanya akan menjadi limbah yang dibuang di tempat sampah dan diangkut oleh para pengangkut sampah yang tidak bermanfaat. Jika untuk setiap bulan misalnya UMS memiliki 20 kg limbah kardus, bisa dibayangkan berapa banyak limbah kardus yang dihasilkan selama setahun, dan bila limbah kardus ini hanya dibuang tanpa dimanfaatkan, maka  akan menambah timbunan sampah di kota Solo.
Namun hal ini memunculkan sebuah ide, khususnya mahasiswa program studi biologi yang secara studi bergerak dalam bidang lingkungan untuk memanfaatkan limbah kardus di UMS menjadi sebuah kreasi unik tas laptop. Selain dapat mengurangi penumpukan sampah, dengan ide ini juga akan memberi nilai ekonomis yang lebih karena dapat memberi peluang bagi para mahasiswa untuk membuat kerajinan berupa kreasi unik tas laptop yang dapat dijual khususnya di kalangan mahasiswa UMS sendiri. Kelebihan tersendiri dari ide ini juga bisa terlihat dari perubahan nilai suatu limbah, yang semula hanya sebagai pengotor setelah dibuat menjadi kreasi unik akan berubah menjadi sebuah barang dengan nilai jual tinggi.
Mengapa harus tas laptop? Sebenarnya limbah kardus dapat dibuat menjadi kreasi lain, akan tetapi untuk di UMS mencoba membuat kresi tas laptop, karena menyesuaikan kebutuhan mahasiswa itu sendiri. Umumnya setiap mahasiswa memiliki laptop dan ini menjadi sebuah kreasi baru, yang semula hanya memakai tas laptop dengan motif batik atau busa, maka dengan limbah kardus dapat dibuat tas laptop yang unik.
Pembuatan tas laptop dari kardus ini sangat mudah dan sederhana, sehingga tidak membutuhkan waktu yang lama untuk membuatnya. Untuk yang pertama dipersiapkan bahan-bahannya terlabih dahulu.
Alat dan bahan yang diperlukan:
1.      Kardus bekas
2.      Kertas karton polos atau warna
3.      Tali rafia
4.      Jarum kasur
5.      Gunting atau lem
6.      Tali untuk pegangan
Cara membuatnya:
1.      Lapisi semua bagian sisi kardus dengan kertas karton atau kertas warna menggunakan lem, agar penampilan bagian luar kardus terlihat bersih dan menarik.
2.      Bukalah bagian tutup kardus dari kotaknya agar kardus terletak datar.
Lapisan dalam
1.      Mencari garis tengah dari bagian tutup kardus dan mengukur pada garis tengah tersebut.
2.      Menandai garis tengah pada bagian tutup kardus tersebut.
3.      Mengukur garis 1 cm dan 2 cm dari garis tengah.
4.      Menandai semua baris dari atas.
5.      Meletakkan laptop pada salah satu sisi dari garis tengah sampai mencetak garis lengkung disekitar tepi panjang laptop dengan tujuan untuk mengukur ukuran kardus dengan ukuran laptop yang sesuai.
6.      Setelah menilai ukuran kardus sesuai dengan ukuran laptop, maka laptop dipindahkan dan menandai bagian tepi kardus yang terkena laptop tadi.
7.      Mengukur 0,5 cm dari sisi bagian luar kardus tersebut
8.      Memotong bagian kardus 6 cm yang ukurannya berlebih hingga terbentuk flap lebar
9.      Memotong wedges pada setiap kardus sampai membungkuk
10.  Melipat kardus pada garis tengahnya, kemudian membentuk kotak serta menjahitnya  dari dalam dengan jarum kasur yang telah dberi rafia  agar kardus kuat untuk tempat laptop.
Lapisan luar
1.      Membuka bagian dasar pada kardus
2.      Mencari garis tengah dari dasar kardus tersebut.
3.      Mengukur dua baris dari kedua sisi garis tengah tersebut dan memotong dengan jarak 1cm dari satu sama lain.
4.      Menyejajarkan shell bagian dalam dari kardus tersebut.
5.      Membuat pola lapisan dalam pada kotak bawah.
6.      Mengukur dan menandai 1 cm dari dari garis besar sepanjang shell.
7.      Menambah 6 cm flap ke setiap sisi pola.
8.      Memotong sepanjang garis luar.
9.      Memotong sempit pada setiap flap disepanjang garis lipatan.
10.  Melipat bagian luar seperti lipatan pada lapisan dalam dan meninggalkan tepi panjang terbuka.
11.  Kemudian menempatkan pada bagian lapisan luar .
12.  Selanjutnya merapikan susunan lapisan luar dan lapisan dalam dan setelah terbentuk tas, maka diberi pegangan dari tali rafia yang dianyam
13.  Kreasi unik tas laptop siap dijual dan digunakan.

No comments: