Thursday 6 June 2013

Deskripsi Rusa Tutul

Nama local      : Rusa Tutul

Nama ilmiah    : Axis axis


    A.          KLASIFIKASI
Phyllum                       : Chordata
Sub Phyllum                : Vertebrata
Classis                         : Mammalia
Ordo                            : Artiodactyla
Familia                         : Cervidae
Genus                          : Axis
Species                        : Axis axis
    A.             
DESKRIPSI
                              1.            Morfologi
Bulunya halus berwarna coklat sawo matang dan bermotif totol putih. Berat badan dewasa 75-100kg , Berat lahir 3-3,5 kg, Panjang badan 150 cm , Tinggi badan 110-140 cm. Axis-axis  memiliki susunan gigi seri yang berada pada bagian maxila dan mandibula yang biasa digunakan untuk mengerat atau memotong rumput. Hewan ini juga memiliki dens praemolare,corona gigi memiliki Krista-krista dari email berbentuk melintang dan tajam dan berfungsi untuk mengunyah makanan. Glandula mamae pada rusa tutul  tersusun berpasangandi daerah pelvis.
                              2.            Ciri Spesifik
Rusa totol (Axis axis) memiliki warna kulit coklat kemerahan dengan bintik-bintik putih. Semakin tua usianya maka warna coklat kulitnya akan semakin gelap dan bintik-bintik putihnya makin tersusun rapi. Rusa totol membutuhkan garam (NaCl) untuk membantu metabolisme makanan, karena itu mereka sering menjilati bebatuan atau kerikil.
                              3.            Makanan
Rusa tutul (Axis axis) di habitat aslinya rusa tutul memakan berbagai bagian tanaman seperti daun, bunga, biji dari jenis-jenis tumbuhan tertentu. Di Kebun Binatang Gembira Loka diberi pakan berupa rumput kolonjono dan daun-daunan dengan kuantitas berat pakan 10% dari berat badanya setiap diberikan.
                              4.            Habitat
Hidup berkelompok (2-6 ekor/kelompok) dan aktif pada siang hari, Habitat padang rumput, semak, pada batas hutan yang ada sumber air minum. Pakannya rumput dan daun-daunan Ditemukan pada ketinggian 1000-1200 meter diatas permukaan laut.
                              5.            Reproduksi
Rusa tutul (Axis axis) perkawinannya dilakukan pada bulan Juni sampai Juli, lama bunting 7 sampai 7,5 bulan, anak-anak yang dilahirkan biasanya 1 ekor dan anak rusa tersebut diasuh oleh induknya hingga anak tersebut mampu mandiri.

No comments: