Sunday 14 December 2014

Macam-macam energi alternatif

korek api

Dalam kehidupan sehari-hari, manusia tidak lepas dari yang namanya energi. Energi berperan dalam proses kehidupan. Energi yang tersebar memiliki berbagai macam bentuk. Energi yang digunakan manusia saat ini berada dalam jumlah yang terbatas. Oleh karena itu, perlu adanya energi alternatif. 

Berikut macam-macam energi alternatif yang dapat kami rangkum:
1.       Energi matahari
Energi Matahari atau biasa disebut energi surya ini meupakan sumber energi alternatif yang sudah sangat terkenal dan banyak orang sudah memanfaatkannya. Sumber energi yang berasal dari matahari ini dapat digunakan sebagai pencahayaan, panas, dan listrik. Biasanya energi yang dihasilkan matahari agar bisa diubah menjadi energi listrik menggunakan panel surya. Karena sumbernya dari matahari, maka akan bergantung cuaca juga.



2.       Energi angin
Angin adalah udara yang bergerak. Karena pergerakan udara ini lah dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi alternatif lain. Sebagai contoh energi angin ini dimanfaatkan untuk menggerakkan kincir angina. Kincir angin tersebut akan menghasilkan listrik sehingga dapat dimanfaatkan manusia. Biasanya tempat yang memilki angin yang kencang ialah daerah pantai.

3.       Energi air
Air yang mengalir seperti halnya angina, juga dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi alternatif. Karena arus air yang deras dan kuat sehingga dapat dimanfaatkan untuk menggerakkan pembangkit listrik.

4.       Energi Biomasssa
Energi ini ada kaitannya dengan makhluk hidup. Seperti tanaman, limbah-limbah pertanian, sampah oganik, kotoran ternak, dll. Energi biomassa ini dapat diolah menjadi penghasil listrik, bahan bakar transportasi, bahan bakar kompor.

5.       Energi Panas bumi
Energi panas bumi atau geothermal merupakan salah satu energi yang dapat diperbaharui dan berkelanjutan. Biasanya energi panas bumi ini terdapat pada daerah yang memiliki banyak gunung merapi aktif. Panas bumi berasal dari dalam pemukaan bumi, dimana energi tersebut dapat dimanfaatkan sebagai penghasil listrik.

6.       Energi propane
Energi ini berasal dari pengolahan gas alam dan minyak mentah. Sumber tenaga ini banyak digunakan sebagai bahan bakar kompor gas yang kita kenal sebagai LPG.

7.       Energi Biodiesel
Biodiesel merupakan energi alternatif bahan bakar transpotasi  bermesin diesel pengganti bahan bakar fosil. Biodiesel ini berasal dari minyak sayur atau lemak hewan. sebagai sumber energi alternatif, biodiesel besifat dapat diperbaharui. Sehingga akan sangat cocok untuk menggantikan bahan baka fosil jika dapat diolah dengan baik.

8.       Energi Biogas
Biogas berasal dari energi yang dihasilkan oleh pembusukan bahan organik. Biogas ini dapat dimanfaatkan untuk bahan bakar kendaraan, penyedia panas, dan penghasil listrik. Energi biogas dapat dihasilkan dari bebagai jenis bahan organik. Ada yang berasal dari sampah, kotoran sapi, kotoran babi, bahkan kotoran manusia. Dengan memanfaatkan biogas ini, dapat mengurangi emisi gas rumah kaca.

3 comments:

Unknown said...

PT. Citra Nusantara Energi sebagai distributor Gas Alam sangat cocok digunakan di Industri maupun di alat transportasi pribadi atau umum. For more info klik http://cne.co.id/

Unknown said...

PT. Citra Nusantara Energi sebagai distributor Gas Alam sangat cocok digunakan di Industri maupun di alat transportasi pribadi atau umum. For more info klik http://cne.co.id/

master vector logo said...

ternyata banyak juga berbagai macam energi alternatif yang ada ya