Thursday 23 October 2014

10 makanan yang membuatmu tambah pintar

Makan dengan baik dapat membantu pertumbuhan fisik secara baik. Tapi tahukah kamu jika beberapa makanan dapat membuat kemampuan otak menjadi lebih baik. Jika ingatanmu menurun atau konsentrasi mu berkurang, mungkin ini waktunya untuk menentukan makanan yang baik untuk anda.

berikut beberapa makanan dan minuman yang dapat membuat kerja otak anda menjadi lebih baik:

karbohidrat kompleks

Karbohidrat tipe ini dapat menyuplai glukosa ke otak. Dimana otak hanya mampu menyerap gula. Glukosa diperlukan untuk sel otak yang bertanggung jawab dalam  fungsi ingatan, konsentrasi, dan kemampuan belajar. Sumber Karbohidrat komplek antara lain beras merah, gandum, kacang-kacangan, buah-buahan dan sayuran.


Anti-oksidan

Banyak peneliti percaya bahwa makanan yang mengandung antioksidan tinggi dapat membantu menunda penuaan otak dan membantu melawan radikal bebas. Biasanya antioksidan terdapat pada buah-buahan dan sayuran yang memiliki warna yang cerah, seperti wortel dan alpukat. 

Kuning telur

Telur tidak hanya sebagai sumber protein, tetapi juga mengandung kolin. kolin merupakan 2 komponen utama yang ada di otak, yaitu: phosphatidylcholine dan sphingomyelin. kedua molekul ini memiliki prosentase yang tinggi dari prosentase total massa otak, sehingga membuat kolin memiliki fungsi yang sanyat penting untuk otak.

Kopi

Minum kopi di pagi hari tidak hanya membuat mu bertambah segar tetapi juga meningkatkan kerja otak. Kopi dapat meningkatkan memori otak dan juga meningkatkan kerja otak.

Air putih



Otak kita terdiri dari 75% air. sangat penting agar kandungan air dalam otak tercukupi.

Minyak ikan

Ikan mengandung kadar asam lemak yang tinggi yaitu EPA (eicosapentaenoic acid) dan DHA (docosahexaenoic acid). EPA bertindak sebagai antiflamasi dalam tubuh dan juga membantu mencegah pembekuan darah yang dapat memicu serangan jantung atau stroke. DHA terkonsentrasi dalam jumlah besar di otak dan dianggap sebagai nutrisi penting untuk meningkatkan kemampuan belajar dan perkembangan mental. Ikan yang bagus untuk dikonsumsi antara lain tuna, mackerel, salmon, dan sarden.   

Rumput laut

Rumput laut adalah sayuran laut tinggi magnesium, kalsium dan yodium. Yodium diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan otak dan tubuh. Karena tubuh tidak membuat yodium, maka harus diperoleh dari makanan. Rumput laut adalah yang paling kaya akan yodium. sumber yang kaya yodium lainnya termasuk makanan laut, produk susu, tanaman yang ditanam di tanah yang kaya yodium dan garam meja beryodium. Kekurangan yodium berat diketahui menyebabkan gangguan mental, pertumbuhan terhambat dan masalah belajar pada anak-anak


Kakao

Kakao adalah cokelat dalam bentuk yang paling murni, bebas dari gula, susu dan bahan-bahan olahan lainnya. Itu dianggap makanan super karena mengandung sejumlah besar antioksidan, serta senyawa yang disebut epicatechin.

Kenari
Menariknya biji kenari terlihat seperti miniatur otak. Kenari membuat kita membayangkan seperti sedang makan keajaiban kecil untuk otak. Kenari yang dikemas dengan asam lemak esensial, penting untuk otak dan kinerja sistem saraf. Otak adalah organ yang sangat berlemak dan membutuhkan jumlah yang cukup asam lemak untuk fungsi optimal. Tambahkan kenari ke bubur pagi Anda atau menikmati segelintir sebagai camilan.

Sumber: Healthdigezt.com

No comments: