Thursday 9 October 2014

"mengobati gigi berlubang" dapat dihindari

Banyak hal yang tanpa kita sadari dapat menyebabkan gigi menjadi rapuh. oleh karena itu pencegahan lebih baik dari pengobatan.

salah satu kegiatan yang baik namun juga menjadi buruk bagi gigi adalah berolahraga. Di Jerman, salah seorang dokter menemukan bahwa atlet yang berolahraga lebih lama memiliki jumlah air liur lebih sedikit sehingga menjadi alkali atau menjadi basa.
Hal ini menyebabkan pertumbuhan plak menjadi lebih tinggi. semakin banyak waktu berolahraga ternyata signifikan dengan rapuhnya gigi.

kebiasaan sederhana lainnya adalah:
1. Perubahan suhu
Seperti yang kita ketahui, jika kita mengkonsumsi makanan/minuman panas yang kemudian langsung mengkonsumsi makanan/minuman dingin (atau sebaliknya) dapat merusak gigi.



2. Berenang dengan mulut terbuka
Air yang ada pada kolam renang mengandung Klorin ssehingga lama kelamaan akan menyebabkan erosi gigi (hilangnya jaringan keras dari permukaan gigi). Klorin juga dapat menyebabkan gigi menjadi sensitif dan berubah waarna.

3. Obat demam
di dalam obat demam terdapat Antihistamin yang dapat membuat lidah dan mulut menjadi lebih kering. Mulut kering dapat menyebabkan penyakit gusi dan bisa membuat gusi tertarik dari gigi dan membentuk kantong yang mudah terinfeksi. Gigi akhirnya longgar dan bahkan bisa rontok.

4. Membuka bungkusan dengan gigi
 
5. Langsung menyikat gigi setelah makan
Makanan biasanya mengandung gula dan asam. Hal ini dapat menyebabkan enamel pelindung gigi menjadi melemah untuk sementara. Jika anda menyikat gigi setelah makan berarti anda menyikat enamel gigi sebelum ia kembali mengeras. Tunggulah paling tidak setengah jam setelah makan jika ingin menyikat gigi.
Lebih baik sikatlah gigi sebelum makan untuk menghilangkan bakteri, kemudian setelah makan berkumurlah dengan obat kumur bebas alkohol.
 

Referensi : Kompas Health

No comments: