Monday 3 November 2014

Hidup sehat tanpa obat


Setiap orang pasti menginginkan tubuh yang sehat jasmani. Namun adakalanya seseorang harus mengalami sakit. Baik itu sakit yang ringan atau pun sakit yang berat. Dengan minum obat, dapat membantu kita dalam mengatasi berbagai penyakit. Namun, alangkah baiknya jika kita bisa hidup sehat tanpa obat.
Berikut beberapa tips sehat dalam membantu anda menjalani hidup sehat tana obat.

Kenali diri anda sendiri
Dengan mengenal diri sendiri, kita dapat mengetahui kelemahan fisik tubuh kita. Setelah tau dimana letak kelemahan tubuh kita, kita jadi tau kira-kira apa yang bisa dilakukan bagi tubuh, apa yang tidak.



Membuat variasi makanan setiap hari
Dengan membuat selingan makanan sehari-hari, maka nutrisi yang masuk kedalam tubuh juga bervariasi. Selain itu juga dapat saling melengkapi.



Teratur berolahraga
Banyak orang sudah menyadari akan manfaat penting berolahraga. Dengan berolahrag maka akan menjaga agar tubuh kita tetap bugar.

Meluangkan waktu untuk bersantai
Meluangkan waktu untuk bersantai bukan berarti perbandingan waktu bekerja produktif kita dengan waktu istiraht kita melebihi sepatunya.

Mengolah pernapasan
Hampir setiap hari kita bernafas, kadang cepat kadang lambat, sehingga oksigen yang kita hirup belum tentu dimanfaatkan dengan baik oleh tubuh. Dengan mengolah pernapasan atau mengatur frekuensi pernapasan kita bisa menahan oksigen lebih lama dari biasanya. Sebagai contoh menghirup nafas pelanpelan dalam hitungan 15 kemudian melepaskan pelan-pelan dalam hitungan 15.

Tidak terburu-buru merasa sakit dan minum obat
Tubuh memiliki kemampuan untuk menyembuhkan sendiri. Hanya dengan beristirahat cukup, gejala sakit dapat hilang sendiri. Kadang bahkan dapat hilang hanya karena menghirup udara segar. Jika memang dalam kurun waktu 2 atau 3 hari tidak kunjung sembuh sebaiknya pergi ke dokter.

Menyesuaikan konsumsi dengan tingkat umur
Jumlah zat gizi yang diperlukan tubuh berbeda-beda tergantung pada umur, jenis kegiatan, dan kondisi tubuh(dalam keadaan sakit atau sehat). Pada masa anak-anak dan remaja yang sedang giat-giatnya tumbuh, 5 unsur dalam makanan (karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral) sangat diperlukan dan tidak perlu dibatasi. Berbeda dengan orang dewasa dan lanjut usia, karbohidrat dan lemak sebaiknya tidak berlebihan mengingat kegiatan fisik yang menurun.

Selalu menjaga kebersihan
Lingkungan bersih akan memberikan suasana segar dan nyaman serta membantu mencegah berbagai penyebab penyakit yang berasal dari lingkungan datang

Back to nature
Kembali ke alam, maksudnya ialah bukan dengan dekat alam, hidup di hutan, atau semacamnya. Tetapi setidaknya menghindari bahan pengawet, memperbanyak konsumsi sayuran, buah segaryang berasal dari lading organik.

Menggemari bacaan kesehatan
Jika anda benar-benar ingin tubuh yang sehat maka banyak-banyaklah mencari informasi agar pengetahuan. Sehingga kita lebih cerdas dalam menyikapi berbagai hal khususnya yang berkaitan dengan kesehatan.

Sumber: Sehat tanpa obat

No comments: