Monday 10 November 2014

Tips menu bagi kesehatan jantung


Makanan yang kita konsumsi setiap hari, sedikit banyak dapat mempengaruhi kondisi tubuh kita. Maka dari itu perlu adanya perhatian khusus agar anda terhindar dari berbagai penyakit. Sebagai contoh ialah dalam mejaga kesehatan jantung kita. Salah satu penyakit yang sering menyerang jantung adalah jantung coroner. Hal ini disebabkan karena pembuluh coroner pada jantung menyempit atau karena tersumbat oleh lemak. Lemak yang menyumbat pembuluh darah pada jantung ini disebabkan karena pola makan yang tidak sehat. Maka dari itu kita perlu waspada dalam mengonsumsi makanan yang masuk kedalam tubuh.


Setiap orang memiliki kebutuhan kalori yang berbeda-beda. Tergantung pada berat badan, usia dan aktivitas sehari-hari, dll. Orang yang yang memiliki berat badan yang lebih (gemuk), sebaiknya mengurangi konsumsi minyak berlebih, dan makan-makanan yang rendah lemak. Orang yang memiliki tekanan darah tinggi, sebaiknya mengurangi konsumsi garam. Mengkonsumsi jumlah garam yang lebih sedikit dari orang normal. Selain itu, hindari makanan yang diproses seperti ikan asin, daging kaleng, sosis, dll. 


Perbanyak makan sayuran. Sayuran mentah yang siap konsumsi seperti lalapan atau salad, juga baik. Untuk lauk pauknya sebaiknya berupa tempe, tahu, dan ikan. Jangan terlalu banyak mengkonsumsi otak, hati, jeroan, dll. Bagi penderita diabetes, sebaiknya menggunakan gula buatan. Selain itu, perhatikan juga jumlah kalori yang anda gunakan. Makanlah buah-buahan yang segar.

No comments: