Tuesday 4 November 2014

Makanan sehat: 10 makanan anti alergi


Gambar: Mediskus.com

Ada beberapa cara dalam menyikapi alergi untuk mencegah gejala yang mengganggu. jika anda cenderung alergi terhadap sesuatu, maka sebaiknya anda menambahkan daftar makanan ini kedalam menu makanan anda.berikut 10 makanan anti alergi:
1. Apel
 apel dapat menjaga kekebalan tubuh. flavonoid didalam apel dapat melindungi dan melawan aktivitas dari alergi. makanlah apel secara rutin.

2. Kunyit
 kunyit merupakan senjata yang ampuh untuk mencegah alergi. kunyit mengandung bahan aktif kurkumin, anti-oksidan yang kuat dan senyawa anti-inflamasi yang membantu melawan alergi.Ditambah lagi, kunyit dapat bekerja sebagai pelega yang dapat meredakan banyak gejala yang disebabkan oleh reaksi alergi.

campurlah satu sendok teh bubuk kunyit ke dalam susu hangat sekali sehari. anda juga bisa menambahkannya dalam masakan anda.

3. Bawang putih
bawang memiliki kemampuan untuk menghambat aktivitas enzim tertentu yang menghasilkan senyawa inflamasi dalam tubuh. sehingga dapat membantu mencegah aktivitas alergi.

makanlah 1-2 siung bawang putih yang sudah ditumbuk setiap hari untuk mencegah alergi.

4. Lemon
lemon adalah buah yang baik dalam meningkatkan kekebalan tubuh yang terdiri dari vitamin c dan anti-oksidan. lemon juga berperan sebagai anti-toksin dan membantu tingkat keasaman dalam tubuh.


5. Salmon
Salmon adalah ikan yang tinggi akan omega 3, asam lemak, DHA, dan EPA. asam lemak ini sangat baik untuk melawan inflamasi dan menenangkan gejala alergi.


Makanlah minimal 2 porsi salmon setiap minggu sepanjang tahun.

6. Teh hijau
Teh hijau diketahui dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah gejala alergi. Minumlah 2 gelas teh hijau secara rutin setiap hari, untuk membuatnya menjadi lebih efektif tambahkan madu dan lemon.

7. Ubi jalar
Ubi jalar mengandung betakaroten, potasium, vitamin B6, dan Kalium yang membantu menyembuhkan inflamasi dalam tubuh dan  mengandung vitamin C yang memperkuat sistem kekebalan tubuh.

8. Jahe
jahe mengandung anti-inflamasi dan anti-oksidan. jahe juga merupakan makanan yang ampuh dalam melawan alergi. pada kenyataannya, jahe bekerja lebih baik dalam mengobati inflamasi dibandingkan dengan obat anti-inflamasi. ditambah lagi, jahe dapat meringankan gejala asma.

sumber: Healthdigezt.com


No comments: