Tuesday 11 November 2014

Pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan




Pertumbuhan adalah bertambah besarnya suatu individu akibat pembelahan mitosis dan penambahan materi dan sifatnya bisa diukur. Sedangkan perkembangan adalah diferensiasi sel membentuk struktur dan fungsi tertentu.

Pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan dimulai dengan berkecambahnya biji. Perkecambahan dimulai melalui proses fisika, yaitu penyerapan air, dan proses kimia, yaitu aktivitas enzim. Perkecambahan dibagi menjadi dua yaitu perkecambahan epigeal (kotiledon terangkat keatas tanah) dan hypogeal (kotiledon tertinggal di tanah). Tumbuhan memiliki titik tumbuh yaitu pada semua tubuh tumbuhan yang terletak pada bagian ujung. Faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tanaman terdiri dari faktor luar (air, cahaya, kelembaban, suhu, unsur hara) dan fakor dalam (Hormon dan Gen).

Unsur hara berguna sebagai sumber energy dan sintesis komponen sel. Air berguna untuk fotosintesis dan mengaktifkan reaksi enzimatik. Suhu yang optimum diperlukan untuk kerja enzim. Kondis lembab dipelukan untuk mendukung aktivitas pemanjangan sel. Cahaya berpengaruh dalam pertambahan tinggi dan pembungaan. Gen berpengaruh terhadap sifat yang dimiliki yang berasal dari induk, dan akan mempengaruhi sifat ke keturunan selanjutnya. Hormone berfungsi untuk mengatur pertumbuhan, misalnya auksin, sitokinin, giberelin, asam traumalin, dan kalin.

No comments: